Apa saja upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk membangun perilaku toleran di masyarakat?

Diposting pada

Jawaban

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk membangun perilaku toleran di masyarakat, antara lain dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam bidang pendidikan, hukum, dan sosial budaya, serta melaksanakan berbagai program kampanye dan kegiatan sosialisasi.

Penjelasan Lengkap

Perilaku toleran merupakan sikap mental yang mampu menerima perbedaan dan keragaman dalam kehidupan sosial. Indonesia sebagai negara dengan keragaman budaya, suku bangsa, dan agama, sangat memerlukan sikap toleransi di masyarakatnya. Oleh karena itu, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk membangun perilaku toleran di masyarakat, diantaranya sebagai berikut.

1. Kebijakan pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam membangun perilaku toleran di masyarakat adalah dengan menerapkan kurikulum pendidikan yang mengajarkan tentang pluralisme dan toleransi. Kurikulum ini mengajarkan tentang toleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan budaya. Selain itu, pemerintah juga meluncurkan program pendidikan karakter yang menitikberatkan pada sikap toleransi.

2. Kebijakan hukum. Pemerintah juga telah menetapkan kebijakan hukum yang bertujuan untuk membangun perilaku toleran di masyarakat. Beberapa kebijakan tersebut adalah di antaranya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mewajibkan setiap lembaga pendidikan untuk mendidik siswanya tentang nilai-nilai pluralisme dan toleransi. Selain itu, ada juga UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis yang melarang setiap bentuk diskriminasi terhadap suku bangsa, ras, atau etnis tertentu.

3. Kegiatan sosialisasi. Pemerintah juga melaksanakan berbagai kampanye dan kegiatan sosialisasi untuk mempromosikan sikap toleransi di masyarakat. Misalnya, ada program Satu Hati Satu Indonesia yang bertujuan untuk memperkuat kesatuan serta menghormati perbedaan masyarakat di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga mengadakan acara-acara seperti Festival Keragaman Indonesia untuk memperlihatkan keanekaragaman budaya dari seluruh wilayah di Indonesia.

4. Program Inklusi Sosial. Pemerintah juga meluncurkan program inklusi sosial yang bertujuan untuk memperkuat hubungan sosial antar individu di tengah keragaman. Program ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi antara individu, serta membantu mereka untuk lebih memahami satu sama lain dan membangun perilaku toleran.

FAQs

1. Mengapa penting membangun sikap toleran di masyarakat?
Jawab: Membangun perilaku toleran sangat penting karena akan membantu menumbuhkan kesadaran akan keberagaman dan memperkuat hubungan sosial di antara masyarakat. Hal ini selaras dengan tujuan Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman budaya, suku bangsa, dan agama.

2. Apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam kurikulum pendidikan?
Jawab: Pemerintah menerapkan kurikulum pendidikan yang mengajarkan tentang pluralisme dan toleransi. Kurikulum ini mengajarkan tentang toleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan budaya. Selain itu, pemerintah juga meluncurkan program pendidikan karakter yang menitikberatkan pada sikap toleransi.

Kesimpulan

Upaya pemerintah dalam membangun perilaku toleran di masyarakat sangat penting untuk memperkuat kesatuan dalam keragaman. Kebijakan dalam bidang pendidikan, hukum, sosial budaya, dan program kampanye sosialisasi merupakan langkah konkret dalam upaya pembangunan masyarakat toleran di Indonesia. Sikap toleransi membantu mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai bangsa yang damai, beradab, dan berkeadilan.